Sejarah PUI-PT P2T REKLA


Berdirinya “PUI-PT P2T-RekLa” Universitas Jambi sebenarnya sudah dirintis sejak tahun 2013, yaitu dengan dibentuknya sebuah “Konsorsium” yang diberi nama Puslitek RekLa”  (Pusat Penelitian dan Teknologi Reklamasi Lahan) yang melibatkan 4 Pusat Penelitian yang dimiliki Lembaga Penelitian Universitas Jambi yaitu (1) Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH), (2) Pusat Penelitian Manajemen Daerah Aliran Sungai (PPM-DAS), (3) Pusat Penelitian Lahan Gambut (PPLG), dan (4) Pusat Penelitian Coorporate Social Responsibility (Puslit CSR), serta Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Jambi, dan juga Balai Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Jambi.

Legalitas pembentukan Konsorsium Puslitek RekLa berdasarkan pada SK. Gubernur Provinsi Jambi No. 520/Kep-Gub/Balitbangda 2013 tanggal 5 September 2013 tentang Pengembangan Pusat Unggulan IPTEK (Center of Exellence). Selanjutnya untuk operasional lembaga berdasarkan SK. Rektor UNJA No. 904/UN21/KP/2014 tentang Pembentukan Struktur Pengelola Puslitek RekLa. Pembentukan organisasi dilakukan setelah sebelumnya Konsorsium Puslitek RekLa lolos seleksi Kementerian Ristek yang diumumkan melalui SK. Deputi Bidang Kelembagaan Iptek No. 05/D-KI/Kp/IX/2013 tanggal 16 September 2013 tentang Penetapan Lembaga Penelitian dan Pengembangan atau Konsorsium Riset yang akan Dikembangkan Menjadi Pusat Unggulan Iptek (PUI) untuk Dibiayai APBN 2014.

Sebagai tindak lanjut kegiatan maka disusun dokumen Masterplan Konsorsium Pusat Penelitian Teknologi Reklamasi Lahan (Puslitek RekLa) 2014 – 2025 sebagai pedoman yang terarah dan terstruktur setiap tahapan kegiatan dan program, guna mendukung pengembangan konsorsium Puslitek RekLa sebagai salah satu Pusat Unggulan Iptek (center of excellence).

Tahun 2014-2016 Konsorsium Pusat Penelitian Teknologi Reklamasi Lahan (Puslitek RekLa) mendapatkan biaya pembinaan dari Ristek Dikti untuk membantu dalam penguatan kelembagaan, pengembangan SDM, penelitian, serta membangun jaringan kerjasama. Dalam perkembangan selanjutnya, pada tahun 2017 Konsorsium Pusat Penelitian Teknologi Reklamasi Lahan (Puslitek RekLa) terjadi perubahan nama menjadi Pusat Unggulan Iptek Perguruan Tinggi Pusat Penelitian Teknologi Reklamasi Lahan atau sering disingkat dengan PUI-PT P2T-RekLa”. Sesuai dengan namanya yang baru ini, maka kegiatan PUI-PT P2T-RekLa murni dikelola oleh Universitas Jambi, dan masih mendapat biaya pembinaan dari Ristek DIKTI hingga tahun 2018.

Untuk keberlanjutan program kegiatan setelah tidak mendapatkan biaya pembinaan dari Ristek DIKTI pada tahun 2019, maka Universitas Jambi berkomitmen untuk meneruskan program PUI-PT P2T-RekLa tersebut, hal ini karena PUI-PT P2T-RekLa ini merupakan salah satu program unggulan Universitas Jambi yang diharapkan dapat menjadi salah satu “ICON” Universitas Jambi untuk berkiprah dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tingginya.